Peringkat Pendidikan di Dunia Tahun 2015, Indonesia Ke-Berapa Ya?

Sebuah survey dilakukan oleh oleh OECD (Organisation for Economic Co-operation and Development), yaitu sebuah organisasi ekonomi yang menganut sistem pasar bebas.  Hasil survey yang OECD lakukan ini berdasarkan pada hasil tes di 76 negara yang menunjukan hubungan antara pendidikan dan pertumbuhan ekonomi.
Direktur pendidikan OECD, Andreas Schleicher mengatakan bahwa ini pertama kalinya mereka mengadakan skala global dalam menilai kualitas pendidikan. “Ide ini untuk memberikan lebih banyak negara, kaya dan miskin, untuk membandingkan diri terhadap para peminpin pendidikan di dunia, untuk menyadari kekuatan dan kelemahannya, dan untuk melihat apakah keuntungan ekonomi jangka panjang dari peningkatan kualitas di sekolah bisa untuk mereka,” tambah Andreas.
Analisis yang digunakan oleh OECD berdasarkan pada hasil tes matematika dan ilmu pengetahuan. Mereka menggunakan standar global yang lebih luas menggunakan tes PISA. Tes PISA merupakan studi internasional tentang prestasi membaca, matematika dan sains siswa sekolah berusia 15 tahun. Indonesia sendiri telah ikut tes ini sejak tahun 2000.
Berikut ranking pendidikan tahun 2015 dari OECD, dari 76 negara yangg berpartisipasi dalam tes PISA tahun 2015 :



Agak sedih melihat Indonesia hanya berada diurutan 69 dari 76 negara yang ikut dalam PISA, dan jauh tertinggal dari beberapa negara tetangga kita seperti Malaysia dan Singapura.  Namun tentunya kita tidak boleh putus semangat untuk memperbaiki kualitas pendidikan di negara kita.  Pemerintah melalui kemdikbud sebagai penentu arah kebijakan pendidikan di negara kita diharapkan dapat lebih peka dan responsif dalam membaca tantangan ke depan.  Dan tentunya  dapat menyusun rumusan rumusan pendidikan yang tepat dan  dapat diimplementasikan di lapangan, dalam rangka peningkatan kualitas pendidikan dan peningkatan sumber daya manusia di negeri kita tercinta ini. 

0 comments:

Post a Comment